12 Rahasia Manfaat Buah Pepaya yang jarang diketahui banyak orang

12 Rahasia Manfaat Buah Pepaya yang jarang diketahui banyak orang




12 Rahasia Manfaat Buah Pepaya yang jarang diketahui banyak orang

Diantara Manfaat buah pepaya yang paling banyak diketahui orang yaitu berfungsi untuk melancarkan gangguan pencernaan dan BAB, namun demikian apakah anda tahu bahwa ternyata pepaya menyimpan begitu banyak manfaat lainnya ?. Pepaya merupakan jenis tanaman buah yang sangat mudah untuk di tanam dan dipelihara. Pohon pepaya sangat sering sekali kita jumpai baik di pekarangan rumah warga ataupun di kebun kebun di seluruh pelosok nusantara. Buah pepaya terkenal sangat enak untuk dinikmati dalam suasana dan kondisi apapun. Dari pepaya yang masih muda sekalipun hingga yang papaya yang sudah matang, selain itu buah pepaya juga dapat dikombinasikan sebagai pelengkap kuliner yang sangat menggugah selera. Selain itu semua, pepaya memang sangat baik untuk dikonsumsi dikarena khasiatnya yang banyakdan berlimpah.
Kandungan Gizi Yang Terkandung Dalam Buah Pepaya
Di dalam Satu buah pepaya yang berukuran sedang, Ternyata mengandung sekitar 120 kalori,serta 30 gram karbohidrat (di dalamnya terdapat 5 gram serat dan 18 gram gula) dan 2 gram protein. Buah Pepaya merupakan salah satu sumber vitamin C yang sangat baik. dalam satu buah pepaya,mampu memberikan 224% dari kebutuhan harian tubuh kita. Selain itu Kandungan pepaya lainnya yang tidak kalah penting adalah :
·         folat
·         vitamin A
·         magnesium
·         tembaga
·         asam pantotenat
·         fiber.3
·         vitamin B
·         alfa
·         beta karoten
·         lutein
·         zeaxanthan
·         vitamin E
·         kalsium
·         kalium
·         vitamin K
·         lycopene (antioksidan yang paling sering dikaitkan dengan manfaat tomat)
Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan
Sungguh sangat banyak sekali Manfaat pepaya bagi kesehatan penting terutama untuk meningkatkan sistem imunitas pada tubuh manusia.kita ketahui bersama bahwa Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari berbagai jenisnya, sangat berkaitan sekali dengan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang berkaitan dengan gaya hidup manusia. Banyak hasil penelitian yang menunjukan bahwa
peningkatan konsumsi makanan nabati dan buah buahan seperti buah pepaya, mampu mengurangi risiko kesehatan, bahkan sangat bermanfaat untuk mendukung kecantikan kulit.

Berikut ini manfaat Pepaya untuk kesehatan:

1. Anti inflamasi
Salah satu Manfaat pepaya Khususnya bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama yaitu dapat menghilangkan rasa sakit, karena salah satu fungsi dari enzim anti inflamasi yang terkandung pada buah pepaya. Enzim tersebut juga diketahui memiliki sifat yang sangat baik untuk mencegah kanker.
2. Menguatkan sistem imunitas tubuh
Kandungan Vitamin C dan vitamin A didalam buah pepaya sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita.demikian juga hal nya dengan kandungan Senyawa beta karoten yang terdapat didalam buah pepaya, diperlukan untuk meningkatkan system imunitas atau kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, pepaya mungkin bisadijadikan pilihan buah yang sehat untuk mencegah berbagai penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.
3. Menyehatkan dan menguatkan tulang
Jika terjadi Kekurangan asupan vitamin K maka akan menimbulkan risiko yang lebih tinggi, pada masalah patah tulang. Oleh karena itu sangat Penting untuk mengkonsumsi buah papaya secara rutin, agar bisa mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Diantara manfaat buah papaya yaitu dapat melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi ekskresi kalsium.dengan demikian manfaat buat papaya bisa menghindari masalah osteoporosis.
4. Sangat Baik Untuk Penderita Diabetes
Pada beberapa penelitian para pakar kesehatan telah menunjukkan bahwa seorang penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan penderita diabetes tipe 2 memungkinkan untuk meningkatkan gula darah, lipid dan insulin. Dengan kandungan 1 buah pepaya ber ukuran sedang, mampu menyediakan sekitar 4,7 gram serat.
5. Mencegah Penyakit jantung
Kandungan serat, kalium dan vitamin yang tinggi didalam buah pepaya membantu tubuh dalam mencegah dan menanggulangi penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium, yang dilakukan bersamaan dengan penurunan asupan natrium , merupakan perubahan proses pola makan yang paling penting, yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan enzim pada pepaya juga dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol serta dapat menekan kadar kolesterol dan membantu mencegah gejala penyakit jantung.
6. Memperbaiki Fungsi Pencernaan
Manfaat pepaya yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, jika anda susah BAB, pepaya solusinya. Di dalam pepaya terdapat enzim pencernaan yaitu papain, yang berguna dalam membantu pencernaan. Selain itu, juga dapat berguna untuk melunakkan daging. Pepaya juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut, sangat baik dalam pencegahan sembelit dan mempromosikan keteraturan buang air besar, sehingga fungsi manfaat utama papaya menyehatkan saluran pencernaan dan sangguh memperbaiki saluran pencernaan yang rusak atau sakit .
7. Mencegah Degenerasi Makula
Kandungan Senyawa eaxanthin antioksidan yang ditemukan didalam buah pepaya, mampu untuk menyaring sinar cahaya biru berbahaya yang diperkirakan, bisa berperan protektif dalam kesehatan mata untuk menangkal kerusakan degenerasi.
8. Mempercepat Penyembuhan Luka
Ketika pepaya digunakan secara topikal dengan menumbuk buahnya, terlihat bermanfaat untuk mempromosikan penyembuhan luka dan mencegah infeksi daerah kulit yang terbakar. Para peneliti percaya bahwa enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam pepaya berfungsi seperti salep. Salep yang mengandung enzim papain juga telah digunakan untuk mengobati ulkus dekubitus atau luka baring.
9.Pencegahan untuk penyakit asma
Resiko untuk mengembangkan asma, akan lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi sejumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten, yang banyak terkandung dalam pepaya. Seperti yang juga terdapat pada manfaat brokolimanfaat melon, labu dan manfaat wortel.
10. Mengurangi Berat Badan – Penelitian para ahli menunjukkan bahwa di dalam pepaya muda terdapat lebih banyak enzim dibandingkan dengan pepaya matang. Enzim pada buah pepaya memberikan dampak pada pengurangan protein, karbohidrat dan lemak pada tubuh. Sistem metabolisme menjadi lebih optimal dan juga menjadikan pembakaran lemak menjadi energi berlangsung dengan sanagat baik.
Manfaat Buah Pepaya Untuk Kecantikan
Manfaat buah papaya Selain dapat memberikan efek yang baik terhadap kesehatan fungsi tubuh, bermanfaat juga untuk kecantikan seperti berikut :
1.     Daging buah pepaya yang berfermentasi, dapat membantu melarutkan sel-sel kulit mati dan memberikan kesegaran serta kecerahan kulit. Hal ini dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat.
2.     Penelitian juga membuktikan bahwa, pepaya muda menghasilkan enzim yang juga merangsang pertumbuhan payudara. Selain itu, kandungan vitamin A yang melimpah pada pepaya muda, mampu memberi rangsangan kepada indung telur untuk memproduksi hormon kewanitaan sehingga kelenjar dan otot-otot sekitar payudara menjadi kencang.
Berhati hatilah terhadap Potensi Resiko Kesehatan di Dalam Buah Pepaya
Meskipun manfaat buah pepaya ini cukup melimpah, namun juga terdapat resiko kesehatan yang harus diwaspadai. Seseorang yang alergi terhadap bahan lateks getah pepaya, mungkin akan alergi terhadap pepaya karena pepaya mengandung chitanases, yang sering menyebabkan reaksi silang terhadap lateks atau pada makanan yang mengandung zat tersebut
Kesimpulannya bahwa Asupan diet keseluruhan atau pola makan secara keseluruhan adalah hal yang sangat penting dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Tentu saja, mengkonsumsi bahan makanan yang beragam , akan sangat lebih baik dan dianjurkan daripada berkonsentrasi pada jenis makanan tertentu, sebagai kunci kesehatan yang lengkap dan seimbang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Rahasia Manfaat Buah Pepaya yang jarang diketahui banyak orang"

Post a Comment